Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

The Effect Of Clustering Technique In Teaching Writing Recount Text At SMA Negeri 3 Pematangsiantar

Iyona Lazura Simorangkir (University of HKBP Nommensen)
Leonita Maria Efipanias Manihuruk (University of HKBP Nommensen)
Basar Lolo Siahaan (University of HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi clustering mempengaruhi pembelajaran menulis teks recount di SMA Negeri 3 Pematangsiantar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Pematangsiantar yang berjumlah 428 siswa. Peneliti menggunakan teknik kuantitatif dengan desain eksperimen semu dalam penelitian ini, memilih dua mata kuliah, satu eksperimen dan satu kontrol, masing-masing dengan 36 murid. Kelompok eksperimen akan diberikan strategi pengelompokan, sedangkan kelompok kontrol tidak akan diberikan apa-apa untuk dibandingkan. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk esai. Selama tahap pengumpulan data, tiga fase harus diselesaikan: pre-test, treatment, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai anak di kelas eksperimen adalah 83,03, sedangkan di kelas kontrol adalah 78,53. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan dalam teknik penggunaan clustering dalam pembelajaran menulis teks recount di SMA Negeri 3 Pematangsiantar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...