Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Keefektifan Pembelajaran Media Microsoft Sway Melalui Metode Bercerita dan Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun

Desi Afrianti (Universitas PGRI Semarang)
Joko Siswanto (Universitas PGRI Semarang)
Rasiman Rasiman (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media microsoft sway dengan metode bercerita dan sosiodrama terhadap kemampuan Berbahasa Reseptif dan Ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Batang. Langkah yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan desain eksperimen Post-test Only Control Group Design Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media Microsoft Sway melalui metode bercerita dan sosiodrama efektif terhadap kemampuan berbahasa Reseptif dan Ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Batang. Berdasarkan peskoran yang telah dilakukan, hasil peskoran diperoleh 1). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita sebesar 17,25 atau 71,88%. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan media Microsoft Sway rata-ratanya 20,88 atau 87%. 2). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode tanya jawab dan bercakap-cakap sebesar 11,31 atau 47,13 %. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan metode bercerita dan sosiodrama rata-ratanya 20,31 atau 84,63 %. 3). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita melalui metode tanya jawab dan bercakap-cakap skor rata-ratanya sebesar 13,69 atau 57,04 %. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan media Microsoft Sway melalui metode bercerita dan sosiodrama rata-ratanya 21,13 atau 88,04 %. Berdasarkan dari hasil uji Univariate One-Way ANOVA diketahui bahwa Taraf signifikansi 0,05. Sigifikansi hasil uji p = 0,000, Signifikansi hasil uji (sig) < taraf signifikansi (0,000 < 0,05), artinya ada perbedaan kemampuan bahasa Reseptif dan Ekspresif anak antara yang menggunakan madia Microsoft Sway melalui metode bercerita dan sosiodrama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...