Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Atika Nur Rizqiyana (Universitas Pancasakti Tegal)
Sutji Muljani (Universitas Pancasakti Tegal)
Afsun Aulia Nirmala (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan berupa metode agih. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan berupa metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tindak tutur langsung yang terdiri dari 63 data dengan persentase 90 %, sedangkan tindak tutur tidak langsung yang terdiri dari 7 data dengan persentase 7 %. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar alternatif di SMA pada kelas x semester 2, dengan kompetensi dasar 3.11. menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...