Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Respon Mahasiswa Terhadap Projek Membuat Ecoenzym pada Pembelajaran Biologi

Retariandalas Retariandalas (Universitas Indraprasta PGRI)
Anik Pujiati (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Konsep Dasar Sains. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study dengan subjek penelitian sebanyak 24 mahasiswa yang mengambil mata kuliah biologi umum. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari para peserta. Hasil respon mahasiswa mengenai ketertarikan mahasiswa terhadap projek ecoenzym memberikan rerata skor 78,3 dengan persentase 65,3% berada pada kategori cukup baik. Jumlah skor mahasiswa yang menjawab negatif pernyataan bahwa model pembelajaran proyek membuat ecoenzyme dalam pembelajaran Biologi menjemukan sebesar 89 (74%) berada pada kategori baik. Namun pada pernyataan bahwa model pembelajaran proyek ecoenzyme membuat mereka tertekan, mahasiswa cenderung setuju sehingga menghasilkan skor sebesar 42 (35%) yang berada pada kategori sangat kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...