Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 4 (2022): Edisi November 2022

Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pasarwajo Pada Materi Hukum Gerak Newton

Rosmaindi Rosmaindi (Universitas Halu Oleo)
Erniwati Erniwati (Universitas Halu Oleo)
La Tahang (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Pelitian ini bertujuan: 1) untuk menentukan gambaran  aktivitas siswa dan aktivitas guru, 2) perbedaan antara nilai rata-rata pree-test kelas eksperimen dengan pree-test kelas kontrol, 3) nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata post-test kelas kontrol, 4) nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata N-gain kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas X di SMA Negeri 4 Pasarwajo. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2  berjumlah 50 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu (quasi experimental). Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi (untuk melihat aktivitas selama proses pembelajaran) dan teknik tes (untuk menentukan hasil belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) untuk data aktivitas guru dan siswa untuk setiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu dari pertemuan 1 hingga pertemuan 3,  2) tidak ada perbedaan hasil belajar pree-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana nilai rata-rata keduanya yaitu 50.13 dan 50.8, 3) ada perbedaan signifikan hasil belajar post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana nilai rata-rata keduanya yaitu 85.6 dan 69.2, 4) nilai  rata-rata gain kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata N-gain kelas kontrol dimana nilai rata-rata keduanya yaitu 0.366 dan 0.371. Hasil uji hipotesis pree-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung -0.345  <  ttabel 2.011 artinya H0 diterima tidak ada perbedaan nilai rata-rata kedua kelas tersebut. Hasil uji hipotesis post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung 9.84 > ttabel 2.01 artinya H1 diterima ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata kedua kelas tersebut. Hasil Uji N-gain siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan  dibanding kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,00. Dengan taraf signifikan = 0.05 atau taraf kepercayaan 95%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...