Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 4 (2022): Edisi November 2022

Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ma Al-Ikhlas Siompu Barat Berdasarkan Instrumen Nature Of Science Literacy Test (NOSLiT) dan Scientific Inquiry Literacy Test (ScInqLiT)

Sasdayang Sasdayang (Universitas Halu Oleo)
Amiruddin Takda (Universitas Halu Oleo)
Muhammad Anas (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan yang perlu dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan dan persaingan abad 21. Literasi sains adalah kemampuan berpikir ilmiah dalam memproses isu-isu maupun pemasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengetahuan sains untuk menarik kesimpulan dan menghasilkan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa MA Al-Ikhlas Siompu Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan 62 siswa di tiga kelas yang terdiri dari 20 siswa kelas X, 21 siswa kelas XI dan 21 siswa kelas XII. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen Nature Of Science Literacy Test (NOSLiT) dan Science Inquiry Literacy Test (ScInqLiT) dan telah dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung presentase kemampuan literasi  sains pada tiap indikator. Kemampuan literasi sains siswa MA Al-Ikhlas Siompu Barat berdasarkan instrumen NOSLiT untuk indikator penamaan ilmiah sebesar 53,55% (rendah); kemampuan proses intelektual sebesar 47,50% (rendah); kaidah bukti ilmiah sebesar 56,66% (rendah); postulat sains sebesar 52,50% (rendah); disposisi ilmiah sebesar 58,33% (rendah); dan miskonsepsi tentang sains sebesar 50,08% (rendah). Kemampuan literasi sains siswa MA Al-Ikhlas Siompu Barat berdasarkan instrumen ScInqLiT untuk indikator mengidentifikasi masalah sebesar 38% (sangat rendah); menentukan hipotesis sebesar 45% (rendah); menentukan prosedur eksperimen sebesar 30% (sangat rendah); mengidentifikasi dan menentukan variabel sebesar 36% (sangat rendah);  menginterpretasi data sebesar 37% (sangat rendah); dan menarik kesimpulan sebesar 41% (rendah). Hasil tersebut menunjukkan kemampuan literasi sains siswa MA Al-Ikhlas Siompu Barat tergolong rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...