AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Vol 3 No 2 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education

Pengembangan Modul Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif Model Discovery Learning Melalui Pendekatan Scientific

Supriadi Supriadi (Universitas Lancang Kuning)
Fajar Maulana (Universitas Lancang Kuning)
Bintha Ustafiano (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

This research aims to produce teaching modules at SMK Negeri 8 Tebo Class X Automotive Engineering Expertise Program that are valid, practical, and effective for improving student learning outcomes. The method used is the Research and Development method. The Automotive Fundamentals subject module uses the 4-D (Four-D) development model. The subjects of this study were 31 students of class X Automotive Engineering at SMK Negeri 8 Tebo. The instruments used were validation sheets, teacher and student response questionnaires, and pretest and posttest learning outcomes tests. The results of this study stated that the teaching modules developed were declared valid after being validated by three validators. Besides being proven practical, the modules developed are also effective. This study demonstrates that a scientific approach to developing modules can have a positive impact. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar di SMK Negeri 8 Tebo Kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yangigunakan adalah metode Research and Development. Modul mata pelajaran Dasar-dasar Otomotif mengunakan model pengembangan 4-D (Four-D). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Negeri 8 Tebo yang berjumlah 31 Orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru dan siswa, dan tes hasil belajar pretest dan postest. Hasil penelitian ini menyatakan modul ajar yang dikembangkan dinyatakan valid setelah divalidasi oleh tiga validator. Selain terbukti praktis, modul yang dikembangkan juga efektif. Kajian tersebut memberikan bukti bahwa penggunaan pendekatan saintifik dalam mengembangkan modul dapat memberikan dampak positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aeej

Publisher

Subject

Automotive Engineering Control & Systems Engineering Education Energy Transportation

Description

Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. ...