Teknologi Informasi dan Komunikasi selalu mengalami perkembangan yang dinamisseiring dengan berkembangnya revolusi industri. Revolusi industri jilid 4.0 telahmembawa perubahan yang signifikan terhadap sistem pembelajaran di sekolah-sekolah khususnya jenjang sekolah dasar. Akibatnya guru dituntut untuk memilikiketerampilan atau kompetensi dalam memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pemanfaatan teknologiinformasi dan komunikasi dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0 khususnyapada pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Penulisan artikel ini menggunakanpendekatan kepustakaan (literatur review). Hasil penelitian didapatkan bahwapemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran di kelas sangat diperlukan untukmeningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik serta mempersiapkan pesertadidik yang siap menghadapi tantangan zaman. Ditemukan bahwa kompetensi gurudalam penguasaan ICT masih tergolong rendah, oleh karena itu diperlukan upayakonkret untuk mengatasai permasalahan tersebut yaitu dengan memberikanpelatihan-pelatihan terkait dengan penggunaan TIK dalam pembelajaran. Dengandemikian, permasalahan rendahnya kemampuan guru dalam penguasaan danpemanfaatan TIK dalam pembelajaran dapat teratasi dengan baik
Copyrights © 2022