KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Vol 5 No 2 (2022): Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LEMBAR KERJA BERBASIS PROYEK PADA MATERI STRUKTUR KRISTAL

Febri Berthalita Pujaningsih (Universitas Jambi)
Juni Lestari Tambunan (Universitas Jambi)
Darmaji Darmaji (Universitas Jambi)
Irma Sakti (Universitas Muslim Maros)
Tri Haryanto Wibowo (SMPN 14 Kota Jambi)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi, diperoleh bahwa bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah Pendahuluan Fisika Zat Padat adalah modul, buku teks, dan e-book. Sebanyak 96% mahasiswa menyatakan bahwa perlunya bahan ajar lain seperti lembar kerja mahasiswa berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji persepsi mahasiswa terhadap lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dengan materi struktur kristal. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket persepsi sebanyak 20 petanyaan yang memuat indikator materi, bahasa, penyajian, dan tampilan dan diambil secara tatap muka dikelas. Tekniki analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengklasifikasikan data kedalam empat kategori antara lain sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju. Persentase dari rata-rata diperoleh dengan membagi jumlah persentase persepsi terhadap jumlah pernyataan. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa aktif yang mengontrak mata kuliah pendahuluan fisika zat padat dengan jumlah 47 mahasiswa. Hasil analisis data persepsi mahasiswa diperoleh rata-rata persepsi mahasiswa sebesar 85% dalam kategori sangat baik dalam aspek materi, bahasa, penyajian proyek, dan tampilan. Simpulan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek mendapatkan persepsi sangat baik dari mahasiswa telah layak untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

karts

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ...