JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 8, No 2 (2022): JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Efektivitas konseling individual dengan expressive art therapy dalam menurunkan kecenderungan stress siswi SMP ‘X’ Batam

Firda Sari Astuti (Unknown)
Juwita Juwita (Unknown)
Wilda Fasim Hasibuan (Unknown)
Sri Wahyuni Adiningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Masa remaja merupakan masa badai stres, sehingga muncul pergolakan emosi dan perilaku sebelum mencapai keseimbangan yang lebih stabil di masa dewasa. Kondisi tersebut membuat remaja rentan mengalami masalah psikologi, salah satunya kecenderungan stres. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektifitas konseling individual dengan teknik expressive art therapy untuk menurunkan kecenderungan stres terhadap siswi SMP ‘X’ Batam. Pada penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental one grup pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah 10 siswi SMP ‘X’ Batam. Layanan konseling individual dengan teknik expressive art therapy meliputi psikoedukasi, emotion painting, brain dump, dan dear myself. Alat ukur yang digunakan adalah Depression Anxiety Stress Scale (DASS) yang sudah dibakukan dan digunakan dalam banyak penelitian depresi, stres dan kecemasan. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan penurunan dan beberapa mengalami peningkatan kecenderungan stres setelah mengikuti treatment. Kesimpulannya adalah konseling individual dengan teknik expressive art therapy belum efektif dalam menurunkan kecenderungan stres terhadap siswi SMP ’X’ Batam.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journalcahayapendidikan

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal Cahaya Pendidikan (JCP) adalah media publikasi ilmiah di bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan secara umum. JCP bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini atau inovasi baru di bidang pendidikan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. ...