Penelitian ini membahas terkait dengan urgensi pendidikan agama islam dalam sistem pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi pendidikan agama islam dalam sistem pendidikan nasional. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagi muslim di Indonesia, hal ini tentu menjadi suatu hal yang sangat strategis berkaitan dengan kelangsungan pendidikan Islam sebagai salah satu pondasi utama melestarikan dan meneruskan nilai-nilai ajaran Islam melalui proses Pendidikan. Penelitian ini mencermati bagaimana sistem pendidikan Islam menempatkan posisi dan kedudukan sistem Pendidikan Islam sebagai suatu sub sistem dalam sistem pendidikan nasional, dengan memperhatikan berbagai aspek yang melingkupinya, serta bagaimana realitas pendidikan Islam/lembaga pendidikan Islam (madrasah/ pesantren) di Indonesia. Sehingga akan nampak, kelebihan dan kekurangan dari penempatan posisi tersebut sebagai landasan utama untuk pengembangan penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia.
Copyrights © 2023