Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Pengaruh Self-Talk pada Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam yang Mengalami Kecemasan Berbicara saat Presentasi di Depan Kelas

Padilah Padilah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ainun Nada (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Fajaruddin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Putra Dinata Saragi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dika Sahputra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Ada banyak kemungkinan mahasiswa/i yang tidak dapat memaparkan isi dari makalah nya. Ketika berbicara di depan kelas, orang sering kali takut tak dapat menyampaikan pesannya yang diakibatkan dari pikiran yang berlebihan sehingga ketakutan yang timbul itu bisa mengganggu komunikasi yang sedang berlangsung. Jenis penelitian yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan penelitian ini, rancangan yang digunakan adalah penelitian deskriptif serta kolerasi. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner atau angket pola pikir yang kami berikan pada mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam. Berdasarkan hasil penelitian yang kami peroleh mengatakan bahwa masih banyak mahasiswa yang melakukan Self-Talk sebelum presentasi di depan kelas, tetapi ada juga sebagian mahasiswa yang tidak lagi melakukan Self-Talk untuk mengurangi kecemasannya sebelum berbicara di depan kelas. Mahasiswa yang mengalami kecemasan ketika melakukan presentasi di depan kelas karena kurangnya mempersiapkan diri, sehingga tertekan dan berdampak ketegangan yang membuat diri mahasiswa tersebut merasa cemas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...