JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 7, No 1 (2023)

INTERACTIVE MEDIA DEVELOPMENT OF ARTICULATE STORYLINE APPLICATION FOR MTS LEVEL ARABIC LEARNING

Muhammad Zamroni (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rumadani Sagala (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Muhammad Akmansya (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Erlina Erlina (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Koderi Koderi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Pada saat pembelajaran bahasa arab di kelas 7 SMP/madrasah tsanawiyah kurang menarik perhatian siswa ditandai dengan respon siswa saat diberikan pertanyaan dan siswa malas belajar bahasa arab di rumah karena bahan ajar dan guru bahasa arab tidak bisa selalu mendampingi siswa setiap saat dan pada masa covid 19 peneliti memutuskan untuk mengembangkan aplikasi karena proses belajar mengajar dilakukan di rumah masing-masing. penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan bahan ajar melalui aplikasi pembelajaran Bahasa arab. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah pengembangan dengan pendekatan pengembangan model ADDIE. Dengan Produk yang akan dihasilkan berupa aplikasi pembelajaran bahasa Arab khusus untuk tingkat SMP semester 2. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi ahli pembelajaran bahasa Arab, ahli materi bahasa Arab dan ahli media dan desain bahwa aplikasi ini layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab semester 2 untuk 7 SMP/madrasah tsanawiyah selanjutnya hasil respon siswa yang mendapatkan skor rata-rata 88% dengan kategori baik. Dari hasil tersebut bahwa aplikasi pembelajaran bahasa Arab ini layak untuk digunakan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...