AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 4 (2022)

PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BILINGUAL BERBASIS MATHEMATICAL LITERACY DENGAN KONTEKS TEKNIK MESIN UNTUK MAHASISWA POLITEKNIK

Indah Riezky Pratiwi (Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung)
Shanty Dwi Krishnaningsih (Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung)
Elisa Mayang Sari (Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Mathematical literacy merupakan salah satu kemampuan yang muncul dari aktivitas pemecahan masalah matematika seseorang. Dalam kegiatan peningkatan mathematical literacy diperlukan adanya instrumen khusus yang dapat mengeksplor aktivitas mahasiswa dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika untuk memecahkan permasalahan dalam konteks di kehidupan sehari-hari. Kurang tersedianya instrumen tes yang mampu mendukung peningkatan mathematical literacy m­­­­ahasiswa menjadi salah satu penyebab rendahnya pencapaian keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa politeknik. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sumber belajar melalui pengembangan soal-soal matematika bilingual (dua bahasa) berbasis mathematical literacy dengan konteks teknik mesin untuk mahasiswa vokasi di abad 21 yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial. Penelitian pengembangan soal ini merupakan penelitian design research tipe development study dengan tahapan preliminary dan formative evaluation. Secara rinci, tahap formative evaluation dibagi lagi menjadi self evaluation, prototyping, dan field test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa seperangkat soal matematika bilingual (dua bahasa) berbasis mathematical literacy dengan konteks teknik mesin untuk mahasiswa politeknik dengan memiliki kriteria valid, praktis dan mempunyai efek potensial. Soal yang dikembangkan sebanyak 23 butir soal yang dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator dari aspek konten, konstruk, dan bahasa, kemudian memiliki kriteria praktis berdasarkan uji coba small group dan butir soal tersebut mempunyai efek potensial yang ditinjau dari analisis hasil jawaban siswa dan angket pada saat field test

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...