Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Kajian Tentang Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Proses Pembelajaran IPS Pada SD

Hasna Salsabila (Universitas Pendidikan Indonesia)
Lara Sati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tin Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilihat dengan terus berkembangnya proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar tidak hanya bersifat satu arah dari guru saja, tetapi menuntut siswa untuk lebih berpartisipasi aktif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Akan tetapi, tidak sedikit pendidik yang masih melakukan kegiatan belajar mengajar hanya satu arah, sehingga para peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Banyak peserta didik yang masih menganggap bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran hafalan yang membosankan. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dipilih pendidik dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran. Terkait permasalahan tersebut maka penulis melakukan Kajian Tentang Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Proses Pembelajaran IPS pada SD. Dapat dilihat bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS pada SD karena kegiatan pembelajarannya bervariatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...