Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Urgensi Pembelajaran Mitigasi Bencana terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Sekolah Dasar

Pingkan Regi Genika (Universitas Pendidikan Indonesia)
Raisa Ayu Luthfia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui urgensi pembelajaran mitigasi bencana terhadap kesiapsiagaan peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah secara kualitatif dengan menggunakan model meta analisis yaitu sebuah teknik dalam mengumpulkan atau merangkum beberapa hasil kajian penelitian sebelumnya guna mendapatkan gambaran dari penelitian yang sejenis. Dari hasil penelusuran yang dilakukan di Google Scholar di dapat 8 artikel, dan yang memenuhi kriteria ada 4 artikel relevan. Analisis artikel akan dilakukan dengan menyusun informasi dan juga ada penjelasan hasil penelitian. Untuk mengetahui seberapa penting pendidikan mitigasi bencana dan kesiapsiagaan siswa dalam mengahadapi bencana. Setelah menganalisis berbagai sumber penulis mendapatkan hasil penelitian bahwa urgensi pembelajaran mitigasi bencana di Sekolah Dasar di Indonesia sangatlah dibutuhkan. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana. Mayoritas sekolah belum memasukan materi mitigasi dan kesiapsiagaan bencana dalam kurikulum baik intrakulikuler maupun ekstrakulikuler. Maka setelah dilakukannya proses pembelajaran menggunakan berbagai metode dan model pembelajaran adanya peningkatan hasil belajar dan kesiapsiagaan siswa ketika menghadapi bencana. Untuk penelitian selanjutnya perlu adanya peningkatan penerapan pendidikan mitigasi bencana di sekolah untuk mengurangi angka resiko korban.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...