Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Penggunaan Model Talking Stick dalam Mewujudkan Hasil Belajar yang Meningkat pada Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar

Patricia Bunga Juwita Galand (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ratih Setiawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifnya penggunaan Model Talking Stick dalam mata pelajaran IPS demi mewujudkan hasil belajar yang baik bagi siswa sekolah dasar. Model Talking Stick diketahui merupakan model pembelajaran yang dapat melatih peserta didik dalam berpikiri kritis, membiasakan peserta didik untuk dapat mengerti juga memahami materi pelajaran terutama dalam mata pelajaran IPS dengan cepat dan tangkap, melatih peserta didik untuk gemar belajar, melatih peserta didik untuk berani mengajukan pernyataan dan mengungkapkan pendapat. Model Talking Stick juga merupakan model yang membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, sehingga hasil belajar peserta didik terutama dalam mata pelajaran IPS dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Studi literatur merupakan metode dengan penelusuran data melalui penelitian sebelumnya yang diperoleh dari Google Schoolar atau Jurnal-Jurnal terpublikasi. Hasil Penelitian menunjukan dengan penggunaan Model Talking Stick yang efektif dapat mewujudkan peningkatan pada hasil belajar siswa sd dalam mata pelajaran IPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...