Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol 5 No 1 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA

Murnihati Sarumaha (Universitas Nias Raya)
Darmawan Harefa (Universitas Nias Raya)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa. Jenis penelitian pada kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. dilakukan pada semester I pada mata pelajaran IPA. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII-a sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VIII-b sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa. instrument yang digunakan dalam adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan uji liliefors untuk normalitas, tes varian untuk menguji homogenitas, t-test untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiry terbimbing merupakan model pembelajaran yang menuntun siswa belajar lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa dapat melibatkan seluruh alat indera siswa dengan menggabungkan gerakan fisik dengan intelektual siswa dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NDRUMI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora merupakan wadah publikasi pada bidang pendidikan dan humaniora yang diterbitkan oleh UNIRAYA berupa hasil penelitian, kajian teori, metode, dan gagasan ilmiah yang sesuai dengan kepakaran ilmu pengetahuan. Jurnal NDRUMI menerima artikel ilmiah dari berbagai ...