LITERASI : Jurnal Pendidikan Guru Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2022): Desember

Peranan Kegiatan Supervisi dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling dengan Kegiatan Pengajaran di Sekolah

Nina Kardina (Institut Agama Islam Negeri Curup)
Beni Azwar (Institut Agama Islam Negeri Curup)
Hartini (Institut Agama Islam Negeri Curup)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling dan Kegiatan pembelajaran di sekolah. Dimana, Supervisi merupakan satu komponen penting dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Melalui supervisi diharapkan dapat menjadi upaya dalam pengentasan permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Permasalahan yang beragam tentu berimbas pada kualitas dan produktivitas pengajar dalam bekerja. Hakikatnya guru mampu melaksanakan tanggung jawabnya yakni memberikan pengajaran serta pendidikan, tidak hanya berlaku untuk guru kelas dan guru mata pelajar, hal serupa juga berlaku bagi guru BK yang bertugas untuk membantu peserta didik dalam mengentaskan permasalahan akademik maupun non akademiknya. Dengan demikian supervisi memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Oleh karenanya, peneliti dalam hal ini melakukan analisis terhadap implementasi supervisi dan pengaruhnya pemberian layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan pengajaran di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan library research dimana data-data yang dikumpulkan diperoleh dari berbagai literatur karya ilmiah penelitian terdahulu, seperti; jurnal, buku, tesis, dan lain sebagainya yang kemudian dianalisis sesuai dengan teori dan pokok isu yang peneliti angkat. Bagaimana perbedaan antara supervisi pelayanan bimbingan dan konseling dan supervisi pembelajaran di sekolah. Serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat menjadi referensi tambahan bagi pembaharuan sistem kinerja pendidik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidik di sekolah-sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Education Other

Description

LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia adalah jurnal peer-review tentang pendidikan dan pelatihan guru. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyediakan forum akademik bagi para peneliti yang tertarik dengan pembahasan isu-isu pendidikan dan keguruan saat ini dan yang akan datang, khususnya pendidikan ...