Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan literasi digital pada siswa media pembelajaran kreatif virtual tour pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu 1) kajian pendahuluan, 2) pengembangan prototipe, 3) pengujian prototipe, dan 4) tahap implementasi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi kelas secara pasif untuk mengamati interaksi dalam kegiatan belajar mengajar siswa dan menggunakan kuesioner atau angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh responden pengisian angket pada siswa kelas XII dari 5 SMA di Kota Surakarta. Sampel penelitian ini melibatkan 10 siswa dengan 5 siswa perwakilan dari masing-masing 5 sekolah. Data yang telah terkumpul kemudian direduksi dan dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan. Pada penelitian ini 97.9% responden setuju bahwa metode virtual tour efektif digunakan untuk meningkatkan literasi digital. Meski demikian, metode tersebut belum bisa diterapkan secara optimal di seluruh SMA di surakarta.
Copyrights © 2023