Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 4 (2022): NOVEMBER

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK FKIP USK DARUSSALAM

Nurul Ilmi (Mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala)
Bahrun . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Siti Naila Fauzia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Yuhasriati . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Rahmi . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Keywords: Teacher Strategy, Language Ability, Early ChildhoodThe teacher's strategy in this study is a method or method used by teachers in developing early childhood language skills. The purpose of this study is to determine the teacher's strategy in developing the language skills of early childhood kindergarten FKIP USK Darussalam. This research is a qualitative research using a descriptive approach. The subjects in this study were two teachers and the principal at TK FKIP USK Darussalam. Data collection techniques in this study are by means of observation, interviews and documentation. The data analysis technique in this study uses the Miles and Huberman model analysis technique, namely data reduction, data presentation, verification and conclusion. The results of the research found in this study regarding the teacher's strategy in developing early childhood language skills, namely, the teacher uses direct communication methods, uses image media, and language development assessments in the form of checklists, anecdotal notes, etc. The author provides recommendations to other researchers to develop further research in order to provide the latest information and also broader knowledge in connection with this research.Abstrak. Strategi guru dalam penelitian ini merupakan cara atau metode yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini TK FKIP USK Darussalam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua orang guru dan kepala sekolah di TK FKIP USK Darussalam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini mengenai strategi guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini yaitu, guru menggunakan metode komunikasi langsung, menggunakan media gambar, dan asesmen perkembangan bahasa berupa ceklis, catatan anekdot, dll. Penulis memberikan rekomendasi pada peneiti lainnya untuk mengembangkan penelitian selanjutnya agar dapat memberikan informasi terbaru dan juga ilmu pengetahuan yang lebih luas lagi sehubungan dengan penelitian ini.Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini

Copyrights © 2022