Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Vol. 15 No. 1 (2023): January Edition

E-Modul Keanekaragaman Hayati Sebagai Implementasi Hasil Penelitian Jenis Tumbuhan Obat dan Pemanfaatannya Desa Kayen

Klarisa Aulia Rahma Rahma (Universitas PGRI Semarang)
Ary Susatyo Nugroho (Universitas PGRI Semarang)
Eko Retno Mulyaningrum (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

E-modul merupakan bahan ajar yang dikemas lebih fleskibel sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh siswa.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa e-modul memililiki beberapa keunggulan diantaranya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, kemampuan berpikir kritis serta meningkatkan prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Desa Kayen tentang jenis dan pemanfaatan tumbuhan obat oleh masyarakat Desa Kayen, hasil penelitian dapat diimplementasikan menjadi e-modul pembelajaran pada KD 3.2 kelas X SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah e-modul sebagai implementasi hasil penelitian layak atau tidak dijadikan sebagai e-modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif sederhana. Berdasarkan hasil validasi pada 19 kriteria dari 3 sub bab validasi yaitu validasi materi, validasi kebahasaan dan validasi kegrafikan, maka didapatkan skor 69 dan 49. Adapun hasil rata-rata dari akumulasi skor kedua validator adalah 59. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul sebagai implementasi hasil penelitian “layak” dijadikan sebagai e-modul pembelajaran kelas X SMA.

Copyrights © 2023