Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkatan kecerdasan emosional pada remaja laki-laki dan perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian sebanyak 1060 siswa SMAN 1 Kampar Timur yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 290 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kecerdasan emosional yang disusun berdasarkan aspek kecerdasan emosional. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis komparatif T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebanyak 38.6% siswa memiliki kecerdasan emosional yang sedang; 2) sebanyak 37.2% remaja laki-laki memiliki kecerdasan emosional remaja laki-laki yang sedang; 3) sebanyak 35.9% remaja perempuan memiliki kecerdasan emosional yang sedang; 4) tidak terdapat perbedaan kecerdasan emosional pada remaja pertengahan ditinjau dari jenis kelaminĀ dengan hasil sig = 0.078 (sig. > 0.05).
Copyrights © 2023