Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mahasiswa calon guru dalam melaksanakan Program Seminar Praktik Sekolah (SPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuanlitatif dengan melibatkan 7 mahasiswa program studi Pendidikan Fisika di SMAN 1 Kota Tambolaka. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian keterampilan mengajar calon guru. Teknik analisis data berupa penyajian data dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Keterampilan mengajar yang diamati terdiri dari sebelas komponen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata keterampilan membuka pembelajaran sebesar 3,8, keterampilan menerapkan langkah-langkap pembelajaran sebesar 3,6, keterampilan menggunakan metode pembelajaran sebesar 3,3, keterampilan menggunakan media pembelajaran sebesar 3,4, keterampilan menggunakan bahasa sebesar 3,4, penguasaan materi sebesar 2,7, penguasaan kelas sebesar 3,2, manajemen waktu sebesar 3,3, partisipasi sebesar 3,7, interaksi sebesar 3,8 dan Keterampilan menutup pembelajaran sebesar 3,7. Secara keseluruan keterampilan mengajar mahasiswa calon guru berada pada kategori sangat baik.
Copyrights © 2022