Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 4 (2022): Desember

Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Mataram Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Sistem Politik dan Pemerintahan Indonesia di Masa New Normal

Edy Kurniawansyah (Universitas Mataram)
Dahlan Dahlan (Universitas Mataram)
Yuliatin Yuliatin (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dan kreatif dapat mengembangkan potensi diri diantaranya: spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Unram terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Sistem Politik dan Pemerintahan Indonesia di masa New Normal. Berdasarkan tujuan khusus maka penelitian ini memiliki urgensi dalam rangka memberikan informasi terkait persepsi mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Unram terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Sistem Politik dan Pemerintahan Indonesia di masa New Normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan gejala atau fenomena yang terjadi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Program Studi PPKn FKIP Unram. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner yang berisi jenis pertanyaan-pertanyaan yang dibagikan dengan menggunakan google form. Teknik Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap display data dan tahap penarikan kesimpulan. Luarannya adalah Publikasi ilmiah pada jurnal terakreditasi Sinta dan rekomendasi kebijakan. Hasil menunjukkan Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP UNRAM terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Sistem Politik dan Pemerintahan Indonesia di Masa New Normal dapat dikatakan baik. Kemudian proses pembelajaran daring pada mahasiswa Program Studi PPKn menggunakan berbagai macam penggunaan Learning Management System (LMS). Adapun yang menjadi kendala dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring adalah koneksi internet yang tidak stabil dan hal ini perlu diantisipasi agar pembelajaran daring lebih efektif guna peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...