Kurikulum merdeka belajar menawarkan kemerdekaan kepada siswa untuk belajar sesuai potensi dan karakteristik siswa. Salah satu strategi yang dapat memfasilitasinya adalah melalui etnosains. Etnosains adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan pengetahuan lokal sebagai sumber/objek belajar dimana dapat dintegrasikan dalam pembelajaran yang disajikan secara kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengimplementasian etnosains dalam pembelajaran IPA bagi peserta didik yang ada di Kabupaten Ende. Jenis penelitian ini adalah kajian literature yang menganalisis dan mensintesis pengetahuan sesuai dengan masalah yang dikemukakan dengan cara menelaah referensi yang bersumber dari buku, hasil penelitian dan juga pengetahuan masyarakat yang ditelaah berdasarkan pengamatan dan wawancara di masyarakat sesuai topik yakni terkait etnosains. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat implementasi etnosains dalam pembelajaran IPA di kabupaten Ende melalui kegiatan pembuatan alu ndene, jagung titi, moke, kerajinan tenun ikat, ikan kering, obat tradisional, anyaman dari daun lontar, dan pengolahan minyak kelapa.
Copyrights © 2022