ISTIQRA: JURNAL HASIL PENELITIAN
Vol. 10 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

PENGARUH BAHAN AJAR HANDOUT DAN BUKU TEKS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMP NEGERI 2 BAROMBONG

Nur Aisyah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
syahruddin Usman (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Syamsuddin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan bahan ajar handout terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Barombong. Penelitian ini memiliki pendekatan kuantitatif. Sementara besar sampel untuk penelitian ini adalah 64 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan bahan ajar handout pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam berada dikategori tinggi. Sementara pemanfaatan buku ajaran Pendidikan Agama Islam berada di kategori sedang. Kemudian motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan. Sedangkan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah sementara posttest menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan. Kemudian perbedaan pengaruh penggunaan handout dan buku ajar terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan korelasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ist

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Istiqra berfokus pada hasil penelitian teoritis dan empiris dibidang Humaniora, Pendidikan, Hukum, Manajemen dan Kajian Islam. Ruang lingkup kajian dalam jurnal Istiqra meliputi hasil eksplorasi pandangan alternatif, kritik dan rekonseptual khususnya yang berkaitan dengan tema Humaniora, ...