Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 5 No 1: Februari (2023)

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH-SURAH PENDEK PESERTA DIDIK KELAS III YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA CETAK

Nur Anisa (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Ilyas Ilyas (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Andi Halimah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Yahdi (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan membaca surah-surahpendek peserta didik antara yang diajar dengan menggunakan media audio visual danyang diajar dengan menggunakan media cetak peserta didik kelas III MIN SepabatuTinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalaheksperimen komparatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IIIberjumlah 54 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasilpenelitian yang diperoleh: (1) Nilai rata-rata kemampuan membaca surah-surahpendek peserta didik yang diajar dengan media audio visual lebih tinggi dibandingkantanpa menggunakan media, (2) Nilai rata-rata kemampuan membaca surah-surahpendek peserta didik yang diajar dengan media cetak lebih tinggi dibandingkan tanpamenggunakan media, dan (3) terdapat perbedaan signifikan dari penggunaan mediaaudio visual dan media cetak terhadap kemampuan membaca surah-surah pendekpeserta didik. Implikasi Penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual danmedia cetak dapat meningkatkan kemampuan membaca surah-surah pendek pesertadidik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...