Jurnal Randai
Vol. 3 No. 2 (2023): Januari

ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS XI IPA² SMA NEGERI 2 TAMBANG

Nadira Putri (Unknown)
Siti Nurhaliza (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dituntut ketidaksesuaian pemahaman peserta didik ketika proses pembelajaran dengan konsep yang berasal dari para ahli kacamata. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik kelas XI IPA² di SMA Negeri 2 Tambang pada konsep Hukum Newton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI IPA² di SMA Negeri 2 Tambang. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 30 orang peserta didik dengan tes soal objektif berjumlah 10 soal dengan metode CRI (Certainty of Response Index). Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil riset, Miskonsepsi paling tinggi terdapat pada indikator gaya yang bekerja pada benda diam dan gaya yang bekerja pada benda miring sebesar 53,3%, sedangkan miskonsepsi terendah pada indikator hubungan antara gaya, massa dan percepatan sebesar 0,00 %. Pada penelitian ini dapat diartikan bahwa miskonsepsi pada materi hukum Newton masih ditemukan pada peserta didik kelas XI IPA² di SMA Negeri 2 Tambang.Penelitian ini mengakui ketidaksesuaian pemahaman peserta didik ketika proses pembelajaran dengan konsep yang berasal dari para ahli kacamata. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik kelas XI IPA² di SMA Negeri 2 Tambang pada konsep Hukum Newton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI IPA² di SMA Negeri 2 Tambang. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 30 orang peserta didik dengan tes soal objektif berjumlah 10 soal dengan metode CRI (Certainty of Response Index). Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, konsepsi paling tinggi terdapat pada indikator gaya yang bekerja pada benda diam dan gaya yang bekerja pada benda miring sebesar 53,3%, sedangkan miskonsepsi terendah pada indikator hubungan antara gaya, massa dan percepatan sebesar 0,00 %. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi pada materi hukum Newton masih ditemukan pada peserta didik kelas XI IPA² di SMA Negeri 2 Tambang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, konsepsi paling tinggi terdapat pada indikator gaya yang bekerja pada benda diam dan gaya yang bekerja pada benda miring sebesar 53,3%, sedangkan miskonsepsi terendah pada indikator hubungan antara gaya, massa dan percepatan sebesar 0,00 %. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi pada materi hukum Newton masih ditemukan pada peserta didik kelas XI IPA² di SMA Negeri 2 Tambang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, konsepsi paling tinggi terdapat pada indikator gaya yang bekerja pada benda diam dan gaya yang bekerja pada benda miring sebesar 53,3%, sedangkan miskonsepsi terendah pada indikator hubungan antara gaya, massa dan percepatan sebesar 0,00 %. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi pada materi hukum Newton masih ditemukan pada peserta didik kelas XI IPA² di SMA Negeri 2 Tambang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

randai

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Randai adalah jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Riau, Jurnal Randai menyediakan artikel-artikel berkualitas baik yang ditulis penelitian, akademik, dan praktisi. Ini menerbitkan makalah penelitian ...