Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 1 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Pengaruh Pendidikan Multikultural Terhadap Pembentukan Karakter Siswa UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng 1 Kota Makassar

Perawati Bte Abustang (Unknown)
Arifin Maksum (Unknown)
Nina Nurhasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Pembelajaran multikultural didesain dengan mempertimbangkan perbedaan status sosial, dan perbedaan pandangan dunia setiap siswa sesuai dengan bakat dan kemampuannya masing-masing dimana karakter merupakan pembawaan individu berupa sifat yang diekspresikan bagi siswa sekolah dasar dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan mutlikultural terhadap pembentukan karakter siswa UPT SPF SD Negeri Bawakareng 1 Kota Makassar. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Data di analisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas, homogenitas, linearitas dan Uji F. Hasil analisis deskriptif pendidikan multikultural siswa kelas IV termasuk pada kategori berpengaruh dengan persentase 55%, dan pembentukan karakter siswa kelas IV berada pada kategori sangat baik dengan persentase 73%. Hasil analisis inferensial yaitu adanya pengaruh pendidikan multikultural terhadap pembentukan karakter siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Bawakareng 1 Kota Makassar dimana nilai signifikasi 0,003<0,05 sehingga secara teoritis dan empiris peneliti menyatakan bahwa pendidikan multikultural berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa kelasIV SD Negeri Bawakareng 1. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...