Acitya Bhakti
Vol 3, No 1 (2023): ACITYA BHAKTI

Pelatihan Desain Pembelajaran Sprechfertigkeit Berbasis Proyek bagi Guru Bahasa Jerman Se-Malang Raya

Primardiana Hermilia Wijayati (Universitas Negeri Malang)
Edy Hidayat (Universitas Negeri Malang)
Dewi Kartika Ardiyani (Universitas Negeri Malang)
Anggi Novitasari (SMAN Taruna Nala Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Pelatihan desain pembelajaran berbasis proyek memaksimalkan pembelajaran yang berpusat  kepada siswa. Guru memiliki peran sebagai tutor yang menyediakan sumber daya, dukungan, dan  petunjuk kepada siswa. Pelatihan yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran dan penilaian guru bahasa Jerman se-Malang Raya yang terkait pembelajaran berbasis  proyek. Hasil pengabdian ini menggunakan metode pelaksanaan yang terdiri dari paparan, diskusi, dan pendampingan secara langsung pada pertemuan rutin Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) Cabang Malang. Kegiatan yang dilakukan membawa beberapa manfaat yang diperoleh dari guru dari pelatihan penyusunan proyek keterampilan berbicara, yaitu (1) mempermudah menyusun instrumen tugas untuk siswa, (2) mendapatkan pengetahuan baru mengenai tugas penilaian berbicara berbasis proyek, (3) mengetahui perbedaan Übungen und Aufgaben (4) menambah variasi dan ide baru tugas berbicara, dan (5) mendapatkan banyak alternatif penilaian dalam menilai proyek. Informasi yang   diperoleh tersebut selanjutnya diterapkan guru dalam pembelajaran di dalam kelas di sekolah masing- masing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ACB

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Merupakan jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diterbitkan dua edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus oleh Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang. Fokus kajian jurnal ini adalah hasil kegiatan PkM pada bidang Bahasa dan Sastra Inggris, Indonesia, Arab, Cina, ...