Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2023)

Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts

Lisnani Lisnani (Universitas Katolik Musi Charitas)
Anselmus Inharjanto (Universitas Katolik Musi Charitas)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

AbstrakKemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu komponen yang perlu dianalisis untuk mengetahui kemampuan peserta didik terhadap satu topik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi bangun datar, pengukuran panjang dan berat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data melalui tes, kuesioner, dan dokumentasi. Keseluruhan data tersebut dianalisis dan dideskrispsikan oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di salah satu sekolah swasta di Palembang berjumlah 14 orang yang diperoleh melalui purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar dan pengukuran pada peserta didik kelas IV di salah satu sekolah swasta tersebut sebesar 75,59% yang artinya berkategori baik. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV perlu ditingkatkan terutama pada sesuatu yang sifatnya konkret dengan membiasakan peserta didik memberikan soal-soal berkonteks cerita yang mengarah ke AKM, PISA, dan HOTS kedepannya. AbstractMathematical problem-solving ability is one of the necessary components to analyze as it demonstrates students' ability to comprehend a learning topic. This study aimed to analyze students' mathematical problem-solving skills on flat shapes, measuring length and weight. This descriptive qualitative study used tests, questionnaires, and document analysis to collect the data. All of the data were analyzed and described by the researcher. The participants of the study were 14 fourth grade students in a private school in Palembang selected through purposive sampling technique. The study revealed that the students’ problem-solving abilities on flat shapes and measurements scored 75.59%, which was categorized as “good”. The problem-solving abilities of fourth graders need to be improved, especially on concrete objects by inuring students to story-context questions that promote AKM, PISA, and HOTS in the future. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...