JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Keterampilan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII dan VIII di SMP Negeri 25 Kota Jambi

Triyanti Triyanti (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Rasimin Rasimin (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Rully Andi Yaksa (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Motivasi belajar adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu, adapun unsur yang mempengaruhi motivasi belajar adalah kondisi lingkungan siswa bisa dalam berbentuk kondisi alam, lingkungan tempat tinggal, pergaulan teman sebaya, serta kehidupan kemasyarakatan. Keterampialn sosial adalah kemampuan seseorang dalam beradaptasi secara baik dengan lingkungan dan menghindari konflik saat berkomunikasi baik secara verbal dan nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari keterampilan sosial terhadap motivasi belajar pada siswa di kelas. Agar penelitian ini tidak menyimpang dengan yang dimaksud maka dibatasi dalam motivasi belajar dilihat dari ketertarikan, perasaan senang, keterlibatan belajar anak, sedangkan untuk keterampilan sosial dibatasi dengan menjalin hubungan, menyatakan pendapat, dan kemampuan manajemen diri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 25 Kota Jambi sebanyak 373 siswa. Penarikan sampel di ambil sebanyak 101 orang Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Random Sampling dengan acuan Intrapolasi sebagai penentu persen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...