Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11, No 1 (2023): January 2023

Representasi Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Analitik Siswa dengan Pengimplementasian Model Discovery Learning

Muji Herini (SMAN 1 Babadan Ponorogo)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Nurul Hidayati (SMAN 1 Babadan Ponorogo)
Sumarno Sumarno (SMAN 1 Babadan Ponorogo)
Sabekti Trinuryono (SMAN 1 Babadan Ponorogo)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran discovery learning pada materi trigonometri analitik. Dasar pada penelitian ini adalah siswa beranggapan bahwa materi trigonometri analitik merupakan materi yang sulit, sehingga susah  untuk  dipahami. Dampaknya, siswa  sering  melakukan kesalahan saat  menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan materi trigonometri analitik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas XI MIPA 4 SMAN I Babadan Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa meningkat 19,96% setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning. Siswa juga melakukan pengalaman belajar dan guru sebagai fasilitator saat kegiatan pembelajaran, sehingga pemahaman konsep matematisnya menjadi lebih baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...