Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2022)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI WANGKANAPI KOTA BAUBAU

Vera Amalia (Universitas Halu Oleo)
Rimba Hamid (Universitas Halu Oleo)
Amiruddin B (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model Probem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Wangkanapi Kota BauBau. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebanyak 26 orang dengan 10 laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket model PBL dan tes soal berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan  >  dimana 3,585 > 2,064 dengan ini  ditolak dan  diterima, dengan besaran pengaruh 34,9% dan indikator kemampuan berpikir kritis siswa yang paling tinggi adalah Elementary Clarification (memberikan penjelasan sederhana) dengan besar pengaruh 16%.Kata Kunci: Model Problem Based Learning, IPA, Berpikir kritis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...