Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022

KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DAYAK BENUAQ DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN KUTAI BARAT DAN INTERNALISASINYA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA KELAS VIII DI SMP DARUN NAJAH BALIKPAPAN

Iin Raodah (Universitas Balikpapan)
Maryatin Maryatin (Universitas Balikpapan)
Indah Ika Ratnawati (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Kearifan lokal merupakan bentuk kebijaksanaan yang berisi nilai-nilai kebaikan dan diterapkan dan oleh suatu daerah. Dalam kearifan lokal terkandung nilai-nilai yang dapat diinternalisasikan kepada peserta didik melalui pembelajaran disekolah untuk menunjang karakter mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal pada buku Kumpulan Cerita Rakyat dan mendeskripsikan proses internalisasinya pada siswa kelas VIII SMP Darun Najah melalui pembelajaran drama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskripsif dengan pendekatan antropologi sastra. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tehnik simak catat, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 5 nilai-nilai kearifan lokal pada Kumpulan Cerita Rakyat Kutai Barat yang berisi 19 cerita di dalamnya, diantaranya nilai budaya, nilai moral, nilai gotong royong, nilai perjuangan, dan nilai religius (kepercayaan. Data tersebut berbentuk kutipan narasi dan dialog. (2) nilai-nilai kearifan lokal diinternalisasikan dengan baik sesuai dengan pedoman RPP dan tahapan dalam internalisasi kepada peserta didik selama proses pembelajaran drama bahasa Indonesia melalui kegiatan penyusunan naskah hingga pementasan drama Pohon Berdaun Kain di dalam kelas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...