JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM)
Vol. 4 No. 2 (2023): Februari

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PROGRAM DI PUSKESMAS TUNTUNGAN KECAMATAN PANCUR BATU

Bintang Rizki Angeli (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Zuhrina Aidha (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Yusril Iza Mahendra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sri Fatimah Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Qori Fauziah Nur Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Pelangi Asy-Syifaa (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Shelly Shabina Putri Sinaga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
T. Syazanani Musfira (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rahmi Atika (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Kalifah Fitria Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fahmi Tegar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Kyky Sartika Sari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurul Azmi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2023

Abstract

Puskesmas merupakan layanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah daerah bagi masyarakat baik di desa maupun di kota serta persebarannya berada disetiap kecamatan. Tujuan penelitian untuk melihat gambaran kepuasan masyarakat terhadap program pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan survei analitik dengan design cross sectional. Hasil dari data primer yang diambil langsung oleh peneliti melalui instrument kuisioner berbasis Indikator Nasional Mutu (INM) Pelayanan Kesehatan di Puskesmas dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia didapatkan bahwa dari indicator kesesuaian persyaratan pelayanan di puskesmas, masyarakat yang menyatakan sesuai ialah 22 orang atau 66,7% serta yang menyatakan sangat sesuai ada 11 orang atau sekiat 33,3%. Indikator dari kemudahan prosedur di puskesmas, hasil yang didapat oleh peneliti adalah sebesar 51,5% masyarakat menyatakan kurang mudah, yang menyatakan mudah sebesar 33,3% serta yang menyatakan sangat mudah sebesar 15,2%. Standard Kepuasan pasien minimal diatas 95% menurut Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan (Kemenkes,2016).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jomla

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...