AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 1 No 1 (2021): APRIL

Korelasi Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Problem Solving Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya

Rizky Fatmalasari. L (Unknown)
Randi Hasim Latukau (Unknown)
I Gede Purwana Edi Saputra (Unknown)
Imam Permana (Unknown)
Fitriani Kadir (Unknown)
Azmar Azmar (Unknown)
Dedy Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tipe korelasi yang melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Leihitu. Variabel penelitian, yakni variabel minat belajar siswa (variabel X) dan variabel pencapaian hasil belajar fisika (variabel Y), sedangkan teknik analisa data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan metode korelasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat belajar siswa memberikan hubungan yang signifikansi terhadap pencapaian hasil belajar fisika. Hasil penelitian menggambarkan bahwa minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode problem solving dapat mempengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran guna mencapai hasil belajar fisika. Dalam menggunakan metode problem solving, siswa lebih berpikir dan bertindak kreatif dalam memecahkan masalah, dimana guru lebih banyak melibatkan siswa sebagai subjek yang mencari dan memecahkan sendiri dan bukan sebagai objek yang hanya menerima informasi dari guru, sehingga siswa dapat secara aktif belajar dan mengapresiasikan ilmu yang mereka terima di sekolah guna mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alkhazini

Publisher

Subject

Education Engineering Physics

Description

Al-Khazini: Journal of Physical Education is a peer-reviewed journal published twice a year (March and September) by the Department of Physical Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University Makassar. Al-Khazini: Journal of Physics Education is an integrated ...