UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023)

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving

Sri Wulandari (Universitas Negeri Makassar)
Muh Nasir Malik (Universitas Negeri Makassar)
Anas Arfandi (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Agung (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Muis Mappalotteng (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Nonequivalent control grup design dengan jumlah sampel 60 siswa. Pengambilan data melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dan penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...