Didaktika Aulia
Vol. 2 No. 1 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam

PERENCANAAN KURIKULUM PAI: Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Pamijahan Bogor

Saepullah (Institut Ilmu al-Qur'an Jakarta)
Sarwenda (STAI Al-Aulia Bogor)
Anima Yulistia (STAI Al-Aulia Bogor)
Bella Fitriani (STAI Al-Aulia Bogor)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Kurikulum sebagai sarana untuk mencapai tujuan Pendidikan, berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan belajar. Rancangan kurikulum selayaknya dijadikan landasan bagi sekolah untuk mengembangkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah perencanaan kurikulum yang ada di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Muhammadiyah Pamijahan Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus. Data utama didapat melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAS Muhammadiyah Pamijahan Bogor, melakukan perencanaan kurikulum melalui enam langkah. Pertama, pelatihan guru. Kedua, rapat mengenai kurikulum. Ketiga, merumuskan tujuan. Keempat, menentukan isi kurikulum. Kelima, menentukan metode pembelajaran. Keenam, merancang strategi bimbingan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DIDAKTIKA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Didaktika Aulia merupakan jurnal ilmiah kajian pendidikan yang khusus mempublikasikan karya-karya ilmiah yang belum pernah diterbitkan. Jurnal ini terbit berkala dua kali dalam setahun yaitu pada periode Januari-Juni dan periode Juli-Desember oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Aulia ...