Didaktika Aulia
Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam

TRANSFORMASI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK): Tinjauan Kebijakan dan Eksistensi Pasca Reformasi

Sarwenda (STAI Al-Aulia Bogor)
Saepullah (Institut Ilmu al-Qur'an Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Studi ini menunjukkan bahwa, Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) layak untuk di aktifkan kembali, dan Peraturan Menteri Agama (PMA) No.60 Tahun 2015 dapat segera dilaksanakan. Madrasah Aliyah Keagamaan diperlukan untuk mencetak kader ulama yang tafaqquh fiddin. Penelitian Balai Litbang Agama Jakarta pada tahun 2016 tentang “Pengembangan Madrasah Aliyah Akademik dan Keagamaan di Indonesia Bagian Barat” telah membuktikan urgensitas diaktifkan kembali Madrasah Aliyah Keagamaan ini. Hal demikian dilakukan agar perguruan tinggi keagamaan tidak kehilangan kader-kader ulama yang berkualitas sesuai dengan tujuan awal dibentuknya program MAPK ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DIDAKTIKA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Didaktika Aulia merupakan jurnal ilmiah kajian pendidikan yang khusus mempublikasikan karya-karya ilmiah yang belum pernah diterbitkan. Jurnal ini terbit berkala dua kali dalam setahun yaitu pada periode Januari-Juni dan periode Juli-Desember oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Aulia ...