JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 3 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Manajemen Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

Sanusi, Rahwan (Unknown)
Aida, Depon Nurul (Unknown)
Saripudin, Ayip (Unknown)
Wahidin, Didin (Unknown)
Hanafiah, Hanafiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kompetensi mahasiswa sebelum penerapan manajemen pada model pembelajaran project based leaning dan setelah manajemen metode tersebut dilaksanakan pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pendekatan tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kompetensi mahasiswa melalui penerapan manajemen model pembelajaran project based leaning. Objek penelitian ini yaitu mahasiswa kelas A yang berjumlah 36 orang pada Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas April yang berkedudukan di Sumedang. Analisis data menggunakan analisis deskriftif untuk mengetahui ketercapaian kompetensi mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan manajemen pada model pembelajaran pembelajaran project based leaning dilaksanakan. Dari hasil pengolahan data dan pengamatan proses pembelajaran tersebut, terdapat peningkatan kompetensi mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen model pembelajaran project based leaning dapat menjadi alternatif model pembalajaran yang dapat digunakan pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...