Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kompetensi mahasiswa sebelum penerapan manajemen pada model pembelajaran project based leaning dan setelah manajemen metode tersebut dilaksanakan pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pendekatan tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kompetensi mahasiswa melalui penerapan manajemen model pembelajaran project based leaning. Objek penelitian ini yaitu mahasiswa kelas A yang berjumlah 36 orang pada Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas April yang berkedudukan di Sumedang. Analisis data menggunakan analisis deskriftif untuk mengetahui ketercapaian kompetensi mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan manajemen pada model pembelajaran pembelajaran project based leaning dilaksanakan. Dari hasil pengolahan data dan pengamatan proses pembelajaran tersebut, terdapat peningkatan kompetensi mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen model pembelajaran project based leaning dapat menjadi alternatif model pembalajaran yang dapat digunakan pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam.
Copyrights © 2023