Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5, No 1 (2023)

Perluasan Pemasaran Produk Melalui Rintisan Digital Startup Pada Kelompok Wanita Tani, Kampung Dumpoh, Kota Magelang

Yustirania Septiani (Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar)
Jihad Lukis Panjawa (Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar)
Nibras Anny Khabibah (Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar)
Ernikawati Ernikawati (Universitas Gorontalo)
Roy Marthen Moonti (Universitas Gorontalo)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Pengelolaan hasil pertanian masih belum baik, sehingga keuntungan dari produksi belum dapat dinikmati secara maksimal oleh kelompok Wanita Tani Manunggal, Kampung Dumpoh, Kota Magelang. Pemasaran produk yang ditawarkan hanya sebatas menunggu datangnya konsumen, belum ada pemasaran berbasih online. Selain itu, kondisi adanya pandemic covid-19 menyebabkan terbatasnya penjualan produk. Mengingat, perkembangan teknologi informasi yang pesat akan menjadi titik perubahan akan teknik memasarkan suatu produk barang dari memasarkan secara konvensional beralih menggunakan pemasaran digital. Solusi yang ditawarkan adalah rintisan digital startup dalam rangka perluasan pemasaran produk tani, Kelompok Wanita Tani, Kampung Dumpoh, Kota Magelang. Metode yang digunakan diskusi dan tutorial mengenai pemasaran digital. Hasil dari program kemitraan masyakarat adalah peserta mempunyai motivasi dan paham konsep pemasaran digital produk tani melalui rintisan digital startup serta pengaplikasian pemasaran digital produk tani yang mudah dipahami serta esuai dengan kebutuhan konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

insancita

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

1) community service and local food security; 2) training, marketing, appropriate technology and design; 3) community empowerment and social access; 4) student community service; 5) development of underdeveloped areas; and 6) education for sustainable ...