Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol. 20 No. 1 (2023): Edisi Januari 2023

DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING CONTENT IN SCIENCE PROJECT IPAS ANATOMY AND PHYSIOLOGY BASED PROBLEM-BASED LEARNING AT SMK NEGERI 1 SUKASADA: PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PROJECT IPAS MATERI ANATOMI DAN FISIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 1 SUKASADA

Nengah Ayu Vinka Anggareni Vinka (Mahasiswa)
I Gede Bendesa Subawa (Unknown)
Made Susi Lissia Andayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Proyek materi IPS Anatomi dan Fisiologi berbasis Problem Based Learning di SMK Negeri 1 Sukasada serta mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap konten pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitin ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE ( Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) . Subjek dalam penelitian ini berjumlah 33 orang peserta didik kelas X DKV 5 di SMK Negeri 1 Sukasada. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Projectt Materi IPAS berbasis Anatomi dan Fisiologi problem based learning dinyatakan valid, efektif, praktis, serta mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan : (1) Hasil penilaian uji ahli isi serta uji ahli media dan desain perolehan nilai sebesar 1,00 yang termasuk dalam tingkat validitas “Sangat Valid”, (2) Hasil penilaian uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan memperoleh nilai masing-masing sebesar 92%, 91%, dan 90,87% yang mendapatkan kualifikasi “Sangat Baik”, (3) Hasil penilaian dari respon pendidik memperoleh nilai 38 yang termasuk kedalam kriteria “Praktis”, kemudian respon peserta didik memperoleh nilai 67,48 yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Praktis”, (4) Perolehan nilai dari sudut uji efektivitas dengan memberikanpre-test dan post-test, memperoleh nilai N -Gain sebesar 0,75 sehingga termasuk dalam kriteria “Efektif”. Kata Kunci : Konten Pembelajaran Interaktif, Project IPAS, Problem Based Learning

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...