Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 1 (2023): January-March

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Tingkatan Jenjang Pendidikan

Marni Serepinah (Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta)
Iva Sarifah (Universitas Negeri Jakarta)
Nurjannah Nurjannah (Universitas Negeri Jakarta)
Muhammad Iqbal Al Ghozali (Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2023

Abstract

Fenomena  pandemi covid-19 beberapa tahun yang lalu menciptakan pola pembelajaran baru yakni pembelajaran daring. Guru dan siswa di Indonesia mulai terbiasa dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Ada dua  jenis aplikasi yang sering digunakan dalam proses pembelajan daring yakni whatsapp dan zoom meeting. Kedua aplikasi ini memiliki kelemahan dan juga kelebihan. Kedua aplikasi tujuan dari penelitian ini yakni untuk melihat apakah ada perbedaan penggunaan aplikasi whatsapp dan juga zoom meeting di jenjang pendidikan yang berbeda yakni jenjang pendidikan dasar (SD) dan jenjang pendidikan menengah (SMP) dalam menentukan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen factorial 2x2. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji anova 2 jalur dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada interaksi antara jenis aplikasi pembelajaran daring dengan jenjang pendidikan terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...