WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 8, No 1 (2023): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) Februari 2023

Pengembangan Modul Usaha Dan Energi Berbasis Permainan Tradisional Egrang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Renita Yoranika (Unknown)
Tsania Nur Diyana (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan usaha dan energi berbasis permainan tradisional egrang yang dapat meningkatkan pemahaman konsep. Pengembangan modul usaha dan energi berbasis permainan tradisional egrang ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RD) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D. Tahap pendefinisian dilaksanakan dengan menganalisis silabus, menganalisis KI, menganalisis KD, menetapkan tujuan pembelajaran, dan menetapkan indikator pencapaian kompetensi dasar. Tahap perancangan dilaksanakan dengan menyusun modul. Tahap pengembangan dilaksanakan dengan menguji kelayakan isi dan kebahasaan modul. Tahap penyebaran dilaksanakan dengan penyebarluasan informasi berupa jurnal terkait pengembangan perangkat pembelajaran. Modul usaha dan energi berbasis permainan tradisional egrang yang  dihasilkan  pada  divalidasi oleh 1 dosen dan 1 guru fisika yang ahli di bidang fisika.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha dan energi berbasis permainan tradisional egrang sangat layak. usaha dan energi berbasis permainan tradisional egrang dapat disempurnakan kembali sesuai saran yang diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...