E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 14, No 1 (2023): E-DIMAS

Pemberian Permainan Congklak dan Dongeng Daring untuk Meningkatkan Kesiapan Siswa TK B Memasuki Sekolah Dasar (SD)

Putu Nugrahaeni Widiasavitri (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana)
David Hizkia Tobing (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana)
Ni Luh Indah Desira Suwandi (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana)
Putu Yudi Suwetha Pratama (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana)
Ananda Aditya Hutapea (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana)
Tuningsih Haryati (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Siswa TK B yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Dasar (SD) membutuhkan persiapan yang matang, baik secara fisik maupun psikologis. Pada aspek psikologis, aspek yang paling berpengaruh bagi kesiapan siswa TK B untuk memasuki sekolah dasar adalah aspek kognitif dan non kognitif. Pemberian permainan tradisional diharapkan mampu untuk membantu kesiapan para siswa TK B untuk memasuki sekolah dasar. Permainan tradisional yang diberikan dalam penelitian ini adalah congklak dan mendongeng secara daring, karena menurut beberapa penelitian, congklak dan pemberian dongeng dapat merangsang perkembangan kognitif dan non kognitif. Hal ini sesuai dengan kebutuhan siswa TK B dalam menyiapkan diri untuk memasuki sekolah dasar. Penelitian dilakukan di dua sekolah di wilayah Denpasar dan Badung, Bali. Penelitian dilakukan secara daring berupa pemberian intervensi dan pemberian post-test. Post-test kemudian dianalisis dengan metode theoretical coding. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan bermain congklak bersama orangtua terbukti dapat meningkatkan aspek kognitif pada siswa, khususnya pada kemampuan berhitung. Kegiatan mendongeng secara daring terbukti dapat meningkatkan aspek non kognitif, khususnya membantu anak memahami cara bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...