Phinisi Integration Review
Volume 6 Nomor 1 Tahun 2023

UPAYA GURU MENERAPKAN NILAI KEPAHLAWANAN PADA SISWA KELAS TINGGI SD INPRES GEMPUNGE KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

St Saarah Umar (Universitas Negeri Makassar)
Jumadi Jumadi (Universitas Negeri Makassar)
Supriadi Torro (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

This study aims to determine (i) teacher efforts in applying heroism grades to high grade students in SD Inpres Gempunge Barru District Barru District, (ii) supporting and inhibiting factors in applying heroism to high grade students in SD Inpres Gempunge Subdistrict Barru Regency of Barru. This type of research is classified as qualitative research. 33 people as informants where among them are 3 homeroom teachers and 30 students of which 10 are students in class IV, 10 students in class V and 10 students in class VI using the purposive method of sampling, research data is collected through observation, interviews and documentation. The results showed that (i) the teacher made an effort in applying heroism scores to high grade students, namely a) screening historical animated films, b) holding flags every Monday or ceremonies commemorating Heroes' Day, c) extracurricular activities such as scout activities (ii) . Supporting and inhibiting factors in the application of heroic values are a) supporting factors of film learning media can provide more tangible experiences to students, b) supporting factors for implementing flags every Monday can remind students of the struggles of the heroes during a moment of silence, c ) supporting factors extracurricular activities (scouts) train students to be disciplined (ii) inhibiting factors namely the lack of facilities and infrastructure owned by the schoolPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) upaya guru dalam menerapkan nilai kepahlawanan pada siswa kelas tinggi di SD Inpres Gempunge Kecamatan Barru Kabupaten Barru, (ii) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan nilai kepahlawanan pada siswa kelas tinggi SD Inpres Gempunge Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. 33 orang sebagai informan dimana diantaranya yaitu 3 wali kelas dan 30 siswa dimana 10 siswa kelas IV, 10 siswa kelas V dan 10 siswa kelas VI dengan menggunakan metode purposif sumpling , data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) guru melakukan upaya dalam menerapkan nilai kepahlawanan pada siswa kelas tinggi yaitu a) pemutaran film animasi sekjarah, b)pelaksanaan upaca bendera setiap hari senin atau upacara memperingati hari pahlawan,  c) kegiatan ektrakurikuler seperti kegiatan pramuka(ii). Faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya penerapan nilai kepahlawanan yaitu a) faktor pendukung media pembelajaran film dapat memberikan pengalaman lebih nyata kepada siswa, b) faktor pendukung pelaksanaan upaca bendera setiap hari senin dapat mengingatkan kepada siswa tentang perjuangan para pahlawan pada saat mengheningkan cipta, c) faktor pendukung kegiatan ekstrakulikuler (pramuka) melatih siswa untuk bersikap disiplin (ii) faktor penghambat yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...