Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa SD Pahlawan Pada Mata Pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru mengunakan metode yang kurang variasi yaitu metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan siswa tidak memahami materi atau tugas yang diberikan guru. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk, mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Quantum Teaching pada pembelajaran IPA materi Energi. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus nya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian dilakasanakan pada siswa kelas IV SD Pahlawan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik obeservasi, dokumentasi, dan tes. Peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi energi dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I 68,00 dengan persentase ketuntasan belajar 63,00%, dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II 75,2 dengan persentase ketuntasan 78%. Jadi pembelajaran IPA materi Energi dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Pahlawan.
Copyrights © 2022