Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi

Rahmat Rahmat (, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nauli Tama Sari (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nur Awalia (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nuraisah Nurasiah (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Purwono Purwono (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Selviana Sasmiati Nur (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Siswanto Siswanto (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa SD Pahlawan Pada Mata Pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru mengunakan metode yang kurang variasi yaitu metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan siswa tidak memahami materi atau tugas yang diberikan guru. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk, mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Quantum Teaching pada pembelajaran IPA materi Energi. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus nya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian dilakasanakan pada siswa kelas IV SD Pahlawan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik obeservasi, dokumentasi, dan tes. Peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi energi dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I 68,00 dengan persentase ketuntasan belajar 63,00%, dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II 75,2 dengan persentase ketuntasan 78%. Jadi pembelajaran IPA materi Energi dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Pahlawan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...