Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA)
Vol 2 (2019): PROSIDING SINTESA

PERILAKU PEMBELIAN MELALUI CASHLESS PAYMENT PADA GERAI RETAIL (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Badung Bali)

Ni Putu Dyah Krismawintari (Unknown)
Yeyen Komalasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

ABSTRACTDevelopments in the banking world that offer a convenient way to transact with the use of Cashless Payment, which is a method of payment without cash. It is used by companies to provide convenience to consumers. According to Survey (Daily Social Id, 2017) that the Indonesian people still use 41.9% of the cash respondents. The purpose of this study is to determine the user behavior of cashless payment on purchases at retail outlets. The research method used in this study is a qualitative method with an interpretative phenomenology approach. Data extraction techniques used in-depth interviews in 10 community informants in Badung Regency. Millennials' behavior prefers to use cashless payments compared to generation x. The ease and benefits offered by service providers can be utilized properly by the millennial generation. Whereas Generation X will use a cashless payment if he/she doesn’t bring cash and prefers to use cash because it feels more comfortable and faster in making transactions.Keywords: Behavior, Cashless Payment, RetailABSTRAKPerkembangan dalam dunia perbankan yang menawarkan cara nyaman dalam bertansaksi dengan penggunaan Cashless Payment, yaitu cara pembayaran tanpa uang tunai. Hal dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memberikan kemudahan kepada konsumen. Menurut Data Survei (Daily Social Id, 2017) bahwa masyarakat Indonesia masih menggunakan uang tunai sebanyak 41,9 % Responden. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku pengguna cashless payment pada pembelian di gerai retail. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif. Teknik penggalian data menggunakan wawancara mendalam (in depht interview) pada 10 informan masyarakat di Kabupaten Badung. Perilaku generasi milenial lebih memilih menggunakan cashless payment dibandingkan dengan generasi x. Kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh penyedia layanan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi milenial. Sedangkan generasi X akan menggunakan cashless payment apabila tidak membawa uang tunai dan lebih memilih menggunakan uang tunai karena dirasa lebih nyaman dan cepat dalam bertransaksi.Kata kunci: Perilaku, Cashless Payment, Retail

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sintesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Health Professions Social Sciences

Description

Prosiding SINTESA merupakan sebuah forum ilmiah berupa seminar nasional bagi dosen dan peneliti dalam mendiseminasikan atau memublikasikan hasil penelitian serta pemikiran kritis dalam bidang teknologi, sains, dan sosial humaniora. Wadah berbagi pengetahuan, best practices, serta inspirasi bagi para ...